Site icon easternplays.com

Kepemilikan Manchester United: Keluarga Glazer terbuka untuk menjual klub | Berita Sepak Bola

Keluarga Glazer terbuka untuk menjual Manchester United.

Pemilik Amerika bersedia mendengarkan tawaran untuk klub setelah 17 tahun pemerintahan yang didominasi oleh protes penggemar dan penurunan performa di lapangan.

Jika klub – senilai sekitar £5 miliar – dijual, diperkirakan akan dibeli oleh investor AS.

Sebuah pernyataan Manchester United mengonfirmasi rencana untuk mengidentifikasi “alternatif strategis” dan mengatakan proses tersebut akan mempertimbangkan sejumlah opsi “termasuk investasi baru ke klub, penjualan, atau transaksi lain yang melibatkan perusahaan”.

Berita Langit sebelumnya secara eksklusif mengungkapkan keluarga Glazer sedang bersiap untuk mengumumkan niat mereka untuk memeriksa sumber potensial investasi luar yang dapat mencakup lelang besar-besaran dari klub sepak bola paling terkenal di dunia.

Akibatnya, harga saham Manchester United langsung naik 17 persen, menambahkan hampir $400 juta (£336,4 juta) ke kapitalisasi pasar klub, menurut pakar keuangan sepak bola Kieran Maguire.

pernyataan Man Utd

Manchester United plc (NYSE:MANU), salah satu klub olahraga paling sukses dan bersejarah di dunia, hari ini mengumumkan bahwa Dewan Direksi Perusahaan (“Dewan”) memulai proses untuk menjajaki alternatif strategis bagi klub.

Prosesnya dirancang untuk meningkatkan pertumbuhan klub di masa depan, dengan tujuan akhir memposisikan klub untuk memanfaatkan peluang baik di lapangan maupun secara komersial.

Sebagai bagian dari proses ini, Dewan akan mempertimbangkan semua alternatif strategis, termasuk investasi baru ke dalam klub, penjualan, atau transaksi lain yang melibatkan Perusahaan. Ini akan mencakup penilaian terhadap beberapa inisiatif untuk memperkuat klub, termasuk pembangunan kembali stadion dan infrastruktur, dan perluasan operasi komersial klub dalam skala global, masing-masing dalam konteks meningkatkan kesuksesan jangka panjang pria, wanita, dan akademi klub. tim, dan membawa manfaat bagi penggemar dan pemangku kepentingan lainnya.

Executive co-chairmen dan director Avram Glazer dan Joel Glazer mengatakan: “Kekuatan Manchester United bertumpu pada semangat dan loyalitas komunitas global kami yang terdiri dari 1,1 miliar penggemar dan pengikut. Saat kami berusaha untuk terus membangun sejarah kesuksesan klub, Dewan telah mengesahkan evaluasi menyeluruh terhadap alternatif strategis.

“Kami akan mengevaluasi semua pilihan untuk memastikan bahwa kami melayani para penggemar kami dengan sebaik-baiknya dan bahwa Manchester United memaksimalkan peluang pertumbuhan signifikan yang tersedia untuk klub saat ini dan di masa depan. Sepanjang proses ini kami akan tetap fokus sepenuhnya untuk melayani kepentingan terbaik para penggemar kami, pemegang saham, dan berbagai pemangku kepentingan.”

Grup Raine, yang memfasilitasi penjualan Chelsea selama musim panas, bertindak sebagai penasihat keuangan eksklusif United, dengan Rothschild and Co melakukan peran yang sama kepada pemegang saham keluarga Glazer.

Pengumuman tinjauan opsi keuangan yang dapat mencakup proses penjualan akan menandakan berakhirnya spekulasi selama bertahun-tahun tentang apakah keluarga Glazer dapat dibujuk untuk melepas klub yang selama dekade terakhir telah mengalami penurunan sepakbola yang hampir tak tanggung-tanggung.

United belum memenangkan gelar Liga Premier sejak 2013, dan telah memecat suksesi manajer setelah pensiunnya Sir Alex Ferguson.

Silakan gunakan browser Chrome untuk pemutar video yang lebih mudah diakses

Manchester United telah mengkonfirmasi Cristiano Ronaldo telah meninggalkan klub dengan kesepakatan bersama

Baru-baru ini, klub terlibat dalam pertarungan hukum dengan Cristiano Ronaldo atas sebuah wawancara di mana dia mempertanyakan ambisi United dan mengecam pendekatan Glazers untuk memilikinya.

Pada hari Selasa, United mengumumkan bahwa Ronaldo telah pergi “dengan segera”.

Apa hasil potensialnya?

Masih ada kemungkinan keluarga Glazer, yang menguasai United pada 2005 dalam kesepakatan £790 juta yang sebagian besar didanai oleh utang, memilih untuk tidak menjual.

Penjualan sebagian kepada investor baru, dengan modal dikumpulkan untuk mendanai pembangunan kembali Old Trafford yang telah lewat waktu, merupakan salah satu hasil potensial dari proses tersebut.

The Glazers telah mengakui perlunya investasi infrastruktur baru untuk mengubah stadion menjadi tempat yang benar-benar berkelas dunia, sementara dana yang besar juga dibutuhkan untuk memungkinkan tim putra bersaing sekali lagi di puncak permainan Eropa.

Penilaian United dalam penjualan pasti akan melebihi kapitalisasi pasar sekitar $2,15 miliar yang tersirat dari harga saham mereka selama sesi perdagangan hari Selasa di New York Stock Exchange.

Gambar:
Pendukung Manchester United di Old Trafford mengangkat spanduk bertuliskan ‘Glazers Out’ di tribun pada bulan April

Laporan dalam beberapa bulan terakhir berspekulasi bahwa transaksi apa pun perlu menilai klub di mana saja antara £ 5 miliar dan £ 9 miliar untuk membujuk pemiliknya agar menjual.

Keluarga Glazer mencatatkan saham minoritas di perusahaan tersebut pada tahun 2012 tetapi mempertahankan kontrol yang luar biasa melalui struktur saham kelas ganda yang berarti mereka memegang hampir semua hak suara.

Selama lebih dari 18 bulan, klub telah berjanji untuk memperkenalkan skema kepemilikan suporter berukuran sedang yang akan memberikan saham kepada para suporter dengan struktur hak suara yang sama seperti Glazers.

Namun, inisiatif tersebut belum diluncurkan meskipun ada janji untuk menjalankannya pada awal musim 2021-22.

Itu adalah salah satu dari sejumlah komitmen yang dibuat oleh Joel Glazer, co-chairman United, setelah bencana Liga Super Eropa (ESL), di mana klub memainkan peran penting.

Manchester United adalah salah satu dari enam tim Liga Premier yang setuju untuk bergabung dengan proyek tersebut, yang runtuh dalam beberapa jam setelah peluncuran resminya di tengah kesengsaraan publik dan politik.

Pada Mei 2021, fans United memaksa penundaan pertandingan kandang melawan rival Liverpool setelah memprotes ESL dan keluarga Glazer.

Gambar:
Fans Manchester United melakukan protes menjelang pertandingan Liverpool di Old Trafford pada Agustus 2022

‘Love United, hate Glazer’ telah menjadi refrein yang akrab selama masa jabatan mereka, dengan para pendukung mengkritik anggapan kurangnya investasi dalam infrastruktur klub sementara pemiliknya telah mengambil dividen senilai ratusan juta pound sebagai hasil dari kelanjutan komersial mereka. kesuksesan.

Jika proses penjualan formal dimulai, perhatian akan tertuju pada identitas calon pembeli.

Sir Jim Ratcliffe, miliarder Ineos yang telah mendukung United sejak masa kanak-kanak, mengatakan pada Agustus bahwa dia ingin membeli klub tersebut tetapi sejak itu menyarankan nama elit sepak bola Inggris dinilai terlalu tinggi.

Miliarder dari seluruh dunia akan dikaitkan dengan penawaran, seperti investor berdaulat yang ingin meniru jenis pengambilalihan yang terlihat di Newcastle United – sekarang dimiliki oleh investor yang didukung negara Saudi – dan Paris Saint-Germain, yang dimiliki oleh Qatar.

Juga akan ada spekulasi Ksatria Merah, sebuah konsorsium yang dipimpin oleh mantan direktur United dan ekonom terkemuka Lord O’Neill, dapat menghidupkan kembali upaya yang dimulai pada tahun 2010 untuk mengambil kendali klub.

Silakan gunakan browser Chrome untuk pemutar video yang lebih mudah diakses

Pakar keuangan sepak bola Kieran Maguire mengklaim Fenway Sports Group dapat ditetapkan untuk mengembalikan investasi mereka di Liverpool hingga 14 kali lipat jika mereka memutuskan untuk menjual klub tersebut.

Secara signifikan, prospek lelang Manchester United datang karena Fenway Sports Group, pemilik Liverpool, juga mempertimbangkan untuk menjual seluruh atau sebagian dari klub tersebut.

Proses penjualan simultan untuk dua dari apa yang disebut ‘enam besar’ sepak bola Inggris – yang lainnya adalah Arsenal, Chelsea, Manchester City dan Tottenham Hotspur – belum pernah terjadi sebelumnya.

Seorang analis mengatakan waktunya menyarankan beberapa investor percaya nilai klub top bisa mendekati puncaknya, terutama dengan latar belakang perkiraan ekonomi global yang sulit untuk tahun-tahun mendatang.

Pengumuman United juga telah dibuat selama Piala Dunia yang didorong oleh petrodolar Teluk, menggarisbawahi pergeseran pembiayaan industri sepak bola global.

Analisis: ‘Perkembangan besar di Manchester United’

Wartawan Sky Sports News Ben Ransom:

“Ini adalah perkembangan besar ketika Anda mempertimbangkan fakta bahwa Glazers, sejak mereka mengambil alih pada tahun 2005, selalu mengatakan ketika ditanya bahwa mereka sepenuhnya berkomitmen pada model kepemilikan Manchester United ini, dan berkomitmen untuk masa depan.

“Ketika Anda mempertimbangkan bahwa di atas M62 itu adalah situasi yang sama di Liverpool – dua model kepemilikan Amerika yang berpotensi ingin memindahkan klub – ini adalah momen yang sangat luar biasa.

“Dan itu adalah wawasan yang nyata, saya kira, tentang bagaimana mereka memandang masa depan dan potensi kesulitan di masa depan untuk menantang di puncak Liga Premier”.

Exit mobile version